About

Pasar Hewan Tanjungsari Alternatif Berburu Hewan

Bagi kaum muslim yang membutuhkan domba atau kambing untuk akikah atau untuk keperluan kurban maupun konsumsi, maka Pasar Hewan Tanjungsari boleh jadi menjadi pilihan bagi masyarakat yang berada di Priangan Timur dan sekitarnya.

Pasar hewan ini menyediakan aneka ternak besar dan sedang seperti: domba, kambing, sapi dan kerbau. Pasar hewan tidak digelar setiap hari, tetapi hanya Selasa dan Sabtu mulai pukul 06.30-16.00 wIB. Kecuali di saat menjelang Idul Adha, pasar hewan bisa buka setiap hari.

Pasar Hewan Tanjungsari dikenal “Pasar Domba”. Sejak tahun 1971 telah melayani keperluan hewan hidup konsumennya. Hewan yang dibeli dalam keadaan hidup ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan konsumsi, ritual ibadah seperti: akikah atau kurban, atau untuk dipelihara kembali bahkan adapula untuk dijual kembali ke konsumen lainnya.

Historinya, Pasar Hewan Tanjungsari beberapa kali pindah tempat. Dahulu letaknya di pasar tembakau (belakang Alun-Alun Tanjungsari). Kemudian lokasinya di Pasar Umum Tanjungsari, sampai akhirnya pindah ke lahan 2.600 m persegi sekarang ini.

Di pasar ini bertemu antara penjual maupun pembeli. Penjual hewan berasal dari Tanjungsari dan sekitarnya. Mereka merupakan bandar yang menerima ternak dari peternak sekitarnya. Ada juga yang datang dari daerah lain seperti Bandung, Cicalengka, Majalengka, Indramayu, dan Cirebon. Pembeli memiliki keleluasaan memilih, karena banyak pilihan termasuk disesuaikan dengan ketebalan dompet dimilikinya. Dari hewan cempe atau pedet, hewan sedang hingga sudah dewasa. Bukan hanya hewan jantan, Anda juga bisa memperoleh induk domba beserta anak-anaknya di pasar ini.

Keperluan kurban
Untuk keperluan Idul Kurban, Anda bisa memilihnya. Pastikan hewan harus sehat. Lihatlah perangainya harus lincah, mata jernih, kulit bersih mengkilat. Coba kasih dedaunan, ia akan lahap. Hewan gemuk punggungnya berdaging tebal, badan bulat, dan postur tubuhnya standar. Berbeda dengan hewan sakit, matanya sayu, kadang mengembik terus, badan kurus, gerakannya lambat, ogah ketika diberi makan. Pastikan kaki tidak pincang, luka, atau robek telinga. Untuk mengecek mata, kibaskan tangan anda di depan matanya untuk memastikan apakan buta atau tidak. Bila berkedip berarti normal. Hewan sakit, cacat, dan buta tidak sah untuk hewan kurban.

Pastikan umur hewan telah musannah (dewasa, cukup umur) ditandai dengan telah berganti sepasang gigi seri. Gigi seri dewasa seperti kapak, besar, berbeda dengan gigi susu seperti sisir jagung muda. Bila domba pergantian gigi ini lebih dari satu tahun, dan sapi pertanda usia telah lewat dua tahun. Kalau anda tidak berani karena takut ditanduk, mintalah pada penjualnya. Kadang-kadang penjual suka mengelabui umur demi alasan ekonomis terjual barang dagangannya. Bila anda sudah memastikan, anda akan merasa yakin. Memaksimalkan pilihan akan melipatgandakan pahala di sisi Alloh.

Pasar Hewan ini bisa dicapai dari pasar Tanjungsari sekitar 800 m. Kemudian mengambil arah kanan sebelum alun-alun. Bisa juga belok kanan persis di alun-alun melalui Jalan Pasar Lama, sekitar 800 belok kanan. Jika dari pertigaan Pegadaian Tanjungsari juga mengambil arah kanan melalui jalan desa beraspal. Pada hari pasar ternak, Selasa dan Sabtu, maka lalu-lintas mobil pengangkut ternak cukup ramai melalui jalan ini.

Berkunjung ke Pasar Hewan Tanjungsari, kenapa tidak?.

(***Dan w. dhien, praktisi peternakan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s